Prosedur Menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) | FR Soal P3K Penjaskes SMP Tahap 2

Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. 

Prosedur Menentukan KKM

Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara Kepala Sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan tiga aspek: karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.


Secara teknis prosedur penentuan KKM mata pelajaran pada Satuan Pendidikan dapat dilakukan antara lain dengan cara sebagai berikut:

a. Menghitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.

b. Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) dengan memperhatikan komponen-komponen sebagai berikut:

1) Karakteristik Peserta Didik (Intake) 

Karakteristik Peserta Didik (intake) bagi peserta didik kelas IV antara lain memperhatikan rata-rata nilai rapor peserta didik kelas III.

2) Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas)

Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.

3) Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung)

Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) meliputi antara lain (a)kompetensi pendidik (nilai UKG); (b) jumlah peserta didik dalam satu kelas; (c) predikat akreditasi sekolah; dan (d) kelayakan sarana prasarana sekolah.

Contoh Soal FR PPPK 2021 PENJASKES SMP

KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan tiga aspek : Karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas) dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Pemaknaan hasil analisis karakteristik peserta didik (intake) adalah ...

A. makin tinggi rerata skor nilai siswa pada awal masuk maka skor KKM makin rendah

B. makin rendah rerata skor nilai siswa pada kelas sebelumnya semester yang sama maka makin tinggi skor KKM nya

C. makin beragam skor nilai siswanya maka skor KKM makin tinggi

D. makin beragam skor nilai siswanya maka skor KKM makin rendah

E. makin tinggi rerata skor nilai siswa pada saat awal masuk maka skor KKM makin tinggi

Jawaban : E

Prosedur yang terlebih dahulu dilakukan dalam menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran pada satuan pendidikan adalah ...

A. menentukan nilai aspek karakteristik seluruh peserta didik

B. menghitung jumlah Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran

C. menentukan kondisi dan fasilitas satuan pendidikan

D. menentukan karakteristik / kompleksitas mata pelajaran

E. menentukan kesiapan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

Jawaban : B

0 Response to "Prosedur Menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) | FR Soal P3K Penjaskes SMP Tahap 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel